Rabu, 25 November 2015

Film Perang All Quiet on the Western Front

Film Perang Terbaik - Zamannya film ini termasuk sangat realistis dalam penggambaran peran dan walau dalam medium hitam putih tapi segala kengerian yang ada terlihat nyata.

Dimulai di sebuah sekolah di Jerman pra Perang Dunia I di mana sang guru memotivasi siswa prianya untuk mengabdi kepada negara sebagai tentara. Salah satu murid yang menonjol adalah Paul Baumer (Lew Ayres) yang seolah menjadi 'pemimpin' di antara teman-teman sepantarannya. Ia begitu bersemangat untuk mengabdi pada negara.


Ia bersama teman-teman sekelasnya lalu bergabung menjadi tentara, dilatih dengan keras dan kemudian dikirim ke garis depan.

Tapi apa yang mereka dapati jauh dari bayangan mereka akan kepahlawanan, mereka semua yang masih muda malah stress dan ketakutan sebab perang yang ada begitu mengerikan dengan bom dan mortir yang terus terusan berjatuhan serta pertarungan jarak dekat di parit yang sadis.

Beberapa teman Paul mati atau celaka dalam perang dan akhirnya Paul sendiri menyadari bahwa perang sangat absurd serta bukan soal politik atau ideologi, sebab tentara di garis depan hanya memikirkan bertahan hidup.

Dalam sebuah adegan yang miris, sepasang sepatu boot milik teman Paul berganti pemilik beberapa kali karena setiap pemiliknya tewas dibunuh musuh dan penonton hanya melihat sepatu bootnya saja.

Source : http://www.berkonten.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar