Jumat, 27 November 2015

Cara Merawat Lemari Es Yang Baik dan Benar

Kulkas 2 Pintu - Memang pemakaian kulkas yang setiap hari, mengakibatkan kulkas menjadi kotor dan dapat menyebarkan bau yang berasal dari bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Oleh karenanya, ada beberapa cara untuk merawat kulkas anda agar tetap awet dan bekerja secara optimal.


Inilah langkah-langkahnya yang bisa dilakukan secara periodik dalam merawat kulkas :

  1. Bersihkan dinding bagian dalam kulkas setidaknya satu bulan sekali agar kulkas tidak menimbulkan bau tidak sedap.
  2. Bersihkan belakang (kompresor) dari debu. Sebelum dibersihkan sebaiknya cabut kabel dari stop kontak terlebih dahulu.
  3. Bersihkan bagian luar kulkas untuk menjaga penampilan luarnya .
  4. Jangan mencungkil bunga es dengan benda tajam kaena akan merusak evaporator. Untuk mencairkan bunga es cukup matikan listik atau menekan tombol agar bunga es mencair.
  5. Usai dibersihkan, atur suhu secara benar, yaitu medum untuk freezer dan minimum atau maksimal untuk refrigerator. Hal ini perlu karena bila suhu pada freezer diatur aksimum maka refrigerator akan berkurang dinginnya.
  6. Setelah kulkas selesai dibersihkan, jangan langsung mengisinya dengan barang. Biarkan suhu dingin di dalamnya stabil terlebih dahulu (sekitar 20-30 menit) baru setelah itu mengisinya.
  7. Bungkus atau tempatkan di tempat khusus bahan makanan yang akan menimbulkan bau atau meninggalkan kotoran.
  8. Jangan pernah menaruh makanan yang masih panas ke dalam kulkas, karena akan membuat kompresor bekerja lebih keras.
  9. Jangan menaruh kulkas di dekat sumber panas, misalnya kompor. Hal ini bertujuan  agar kulkas lebih tahan lama dan mampu mendinginkan dengan sempurna.
  10. Jika kulkas diletakkan di kitchen set, berikan ruang masing-masing 5 cm untuk kestabilan sirkulasi udara pada kulkas.

Source : http://www.samsung.com/id/home

Tidak ada komentar:

Posting Komentar