Selasa, 10 November 2015

Cara Menentukan Lakon Dalam Sebuah Cerpen

Cara Membuat Cerpen - Memastikan tokoh yaitu salah satu perihal terpenting dalam satu buah narasi fiksi. Tiap-tiap karya fiksi automatis terdapat tokoh di dalamnya. Terdapat dua macam tipe tokoh dalam tiap-tiap karya fiksi menurut keterlibatannya pada karya fiksi itu sendiri, merupakan tokoh penting (sentral) dan tokoh penunjang (periferal). Trick tentukan yang mana tokoh penting dan yang mana tokoh penunjang ialah bersama membandingkan tiap-tiap tokoh di dalam narasi. Adapun kriteria tokoh mutlak merupakan : bertindak yang merupakan pusat pembicaraan dan tidak jarang diceritakan, juga sebagai pihak yang paling dekat kaitannya dengan tema narasi, dan sangat sering melaksanakan pertalian dengan tokoh lain dalam narasi.


Tiba-tiba kelihatan olehnya pisau belati di segi Mansur. Darahnya berdebar-debar dan gusarnyapun timbul kembali. Tidak yakin dia bakal janji saudaranya tadi. Karena itulah bicara dia : “Kakak, pisau itu okelah Minah sembunyikan. Minah sebenarnya belum demikian yakin. Hendaklah kita awas sebelum berjalan!”
Mansur tidak mengeluarkan kata sepatah juapun.

Laminah membawa pisau belati itu dari pinggang saudaranya dan diletakannya di bawah bantal. Tokeh terhadap disaat itu sedang makan. Mansur dan Laminah menunggu dimuka pintu dapur.

Kita mampu menilai bahwa tokoh utamanya ialah Mansur. Mengapa? Sebab Mansur yakni inti pembicaraan diatas. Potongan narasi tersebut ada sesudah berjalan perselisihan antara Mansur dengan salah satu Petugas di ruang dirinya bekerja. Mansur hendak berikan pelajaran terhadap orang tersebut, sebab dirinya sudah berbuat macam-macam pada adiknya. Menjadi, teramat terang inti permasalahnnya ada terhadap Mansur sendiri. Beliau jadi pusat pembicaraan kepada potongan narasi tersebut dan rata-rata kepada novel tersebut.

Sumber : http://www.berkonten.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar